Apakah kamu berniat untuk membuat jasa sablon kaos sendiri? Jika iya, kamu harus merancang strategi dan budget usaha konveksi kaos terlebih dahulu sebelum memulai usaha.

Merancang strategi dan budget dalam membangun sebuah usaha memiliki berbagai keuntungan. Kamu bisa merencanakan target usaha dan lain-lain sehingga usahamu akan lebih jelas.

Dalam merancang strategi dan budget usaha itu tidak sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan agar semua berjalan sesuai rencana. Apa saja itu? Simak yuk

Lakukan riset terhadap target pasar dan strategi untuk memasarkan produk

Image Source: vendorkonveksi.com

Menentukan target dan strategi pemasaran merupakan hal penting yang tidak boleh ditinggalkan begitu saja dalam memulai usaha. Riset target pasar bertujuan untuk melihat produk seperti apa yang dapat menarik konsumen.

Sedangkan strategi pemasaran tidak kalah pentingnya dengan target pasar. Strategi pemasaran berguna agar pemasaran yang dilakukan tepat sasaran, misalnya usahamu membidik konsumen di kalangan mahasiswa atau komunitas.

Lakukan promosi dan manfaatkan endorse instagram

Usaha online sekarang cukup marak, jangan hanya berpatok pada penjualan offline saja. Salah satu media yang bagus digunakan untuk promosi online adalah instagram.

Posting berbagai macam kaos yang menarik pelanggan untuk menggunakan jasamu. Jika memungkinkan kamu juga bisa menyewa endorse agar usahamu semakin terkenal.

Melakukan promo murah sesekali juga bisa dilakukan. Konsumen akan tertarik untuk membeli jika usahamu lebih murah dibandingkan yang lainnya.

Cari banyak distributor yang akan memasarkan produkmu

Strategi dan budget usaha sablon kaos yang dapat membantu usahamu selanjutnya adalah banyaknya distributor yang bekerjasama. Semakin banyak distributor tentu saja akan semakin baik pemasaran produk dari usahamu.

Distributor yang memasarkan produkmu dapat membantu mendatangkan pembeli. Pembeli yang melihat produk di distributor bisa saja tertarik untuk membeli dengan harga yang murah di sablon kaos langsung. Selalu bangun hubungan kerjasama yang baik agar distributor mau memesan lagi ketempatmu.

Bekerjasamalah dengan toko atau butik

Tidak hanya memasarkan lewat distributor, kamu juga bisa memasarkan produkmu melalui toko atau butik. Sebelum memulai usaha sebaiknya kamu mencari toko dan butik yang mau diajak untuk bekerja sama. Menjual di toko atau butik lebih banyak menghasilkan keuntungan dibandingkan ke distributor.

Selain itu kamu juga bisa membuka toko atau butik sendiri. Membuka toko atau butik dari produksi sendiri malah lebih menguntungkan dibandingkan dengan bekerjasama dengan orang lain. Namun untuk membuka toko atau butik sendiri tentu saja modal yang dikeluarkan harus lebih besar.

Tentukan budget untuk membuka usahamu

Setelah merancang strategi berupa pemasaran maupun target pasar yang akan dituju. Hal selanjutnya yang harus dirancang  dan tak kalah penting dengan yang ada di atas adalah budget usaha.

Tentukan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai usaha sablon kaos dan berapa harga dari peralatan tersebut. Misalnya komputer untuk melakukan desain dan administrasi menghabiskan uang sebesar Rp 3.000.000.

Kemudian harus membeli printer biasa atau digital khusus sablon kaos yang berharga kira-kira Rp 4.000.000. Masih ada peralatan lain seperti kertas transfer untuk sablon digital dan screen, bohlam, afdruk untuk teknik manual.

Jika ditotal usaha sablon kaos paling tidak membutuhkan budget 10.000.000 hingga 15.000.000 untuk alatnya saja. Itu hanya perkiraan saja, kamu harus merancang budget dengan cermat dan mendetail termasuk biaya promosi.

Itulah informasi mengenai strategi dan budget usaha sablon kaos yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha. Persiapan yang matang akan membantu usahamu lebih terarah dan cepat berkembang.

 

Categories: Suka-suka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *