Si Siam yang canggih itu tampak mengenakan topeng masquerade yang elegan dalam pakaian malam pucat dengan aksesoris hitam yang chic dan mata biru tanzanite.

Sejarah

Si Siam yang canggih itu tampak mengenakan topeng masquerade yang elegan dalam pakaian malam pucat dengan aksesoris hitam yang chic dan mata biru tanzanite. Kucing dengan mantel berwarna terang yang bermotif topeng hitam, telinga, cakar dan ekor telah dikenal di Thailand (sebelumnya Siam) selama berabad-abad.

Naskah kuno menggambarkan kucing, tetapi mereka tidak terlihat di Barat sampai akhir abad kesembilan belas, ketika mereka dipamerkan di Crystal Palace Cat Show di London. Tidak semua orang menghargai penampilan mereka yang tidak biasa, tetapi mereka dengan cepat menjadi hewan peliharaan yang modis. Pada pergantian abad, jika tidak lebih awal, mereka juga populer di Amerika Serikat.

Presiden Rutherford B. Hayes (1877-1881) dan istrinya Lucy adalah penerima kucing Siam yang dikirim kepada mereka pada tahun 1878 oleh David B. Sickels, seorang diplomat AS yang ditempatkan di konsulat di Thailand. Sebuah surat dari Sickel yang merinci hadiah tersebut disimpan di Pusat Presiden Rutherford B. Hayes di Fremont, Ohio. Mula-mula, hanya kucing-kucing dengan titik-titik segel — berwarna hitam kecoklatan gelap — yang diperlihatkan, tetapi biru, cokelat, dan titik-ungu Siam segera dikembangkan dan diterima di cincin acara. Hari ini Siam datang dalam berbagai warna dan pola titik, termasuk titik-titik tabby dan titik asap.

Siam adalah jenis alami, yang berarti pola runcing aslinya adalah hasil mutasi genetik. Trah ini telah berkontribusi pada penciptaan banyak breed lainnya, termasuk Bali, Oriental, divisi Himalaya dari Persia, Tonkinese dan Havana Brown. Siam diakui oleh semua asosiasi kucing. Asosiasi Kucing Internasional juga mengakui Thailand, yang digambarkan sebagai bentuk asli dari kucing runcing asli Thailand.

Di Thailand, kucing disebut Wichienmaat. Sebagian orang menyebutnya sebagai Siamese gaya lama. Ini berbagi mantel runcing dan kepribadian dominan dari Siam tetapi memiliki tipe tubuh yang lebih moderat.

Kepribadian

“Kami orang Siam jika Anda suka. Kami adalah orang Siam jika Anda tidak menyukainya. ”Kalimat-kalimat itu, yang dinyanyikan oleh dua kucing Siam yang angkuh di Disney Lady dan Tramp, mengekspresikan kepribadian Siam dengan sempurna. Mungkin hal yang paling penting untuk diketahui tentang kucing ini adalah mereka banyak bicara dan berpendirian. Mereka akan memberi tahu Anda apa yang mereka pikirkan, dengan suara yang keras dan serak, dan mereka mengharapkan Anda untuk memperhatikan dan bertindak berdasarkan saran mereka. Kucing Siam sangat menyukai rakyatnya. Mereka suka “membantu” dan akan mengikuti Anda berkeliling dan mengawasi setiap gerakan Anda. Ketika Anda sedang duduk, seorang Siam akan berada di pangkuan Anda, dan di malam hari ia akan berada di tempat tidur dengan Anda, mungkin di bawah selimut dengan kepala di atas bantal. Jangan mendapatkan orang Siam jika hidup dengan orang yang suka mengobrol yang cerewet akan membuat Anda gila. Di sisi lain, jika Anda senang memiliki seseorang untuk diajak bicara sepanjang hari, orang Siam dapat menjadi sahabat Anda. Pastikan Anda memiliki waktu untuk menghabiskan waktu dengan kucing yang menuntut dan sosial ini. Orang Siam tidak suka ditinggal sendirian untuk waktu yang lama, dan jika Anda bekerja di siang hari, dapat menjadi pintar untuk mendapatkan dua dari mereka sehingga mereka dapat saling menjaga satu sama lain. Orang Siam sangat cerdas, gesit, atletis, dan suka bermain. Usahakan otaknya yang sibuk aktif dengan mainan puzzle dan tubuhnya diolah dengan mainan penggoda yang bisa dia kejar dan pohon kucing besar yang bisa dia panjat. Jangan pernah meninggalkannya tanpa bentuk hiburan apa pun, atau Anda mungkin akan pulang ke rumah untuk menemukan bahwa ia telah memprogram ulang DVR Anda untuk merekam hanya acara alam atau setidaknya memutuskan gulungan kertas toilet dan kotak tisu Anda terlihat lebih baik kosong. Pilih kucing siam jika Anda berharap untuk menghabiskan waktu bersama dan berinteraksi dengan kucing Anda. Ini adalah kucing yang setia dan penuh kasih yang akan cemberut dan pinus jika diberi sedikit atau tidak ada perhatian. Namun di rumah yang tepat, ia tumbuh subur selama bertahun-tahun.

Kesehatan

Baik kucing bersayap maupun kucing jenis campuran memiliki berbagai macam masalah kesehatan yang mungkin bersifat genetik. Masalah yang dapat mempengaruhi Siam adalah sebagai berikut:

  1. Amyloidosis, penyakit yang terjadi ketika sejenis protein yang disebut amyloid disimpan di organ tubuh, terutama hati di Siam
  2. Penyakit asma / bronkial
  3. Kelainan jantung kongenital seperti stenosis aorta

Cara merawat

Mantel pendek, sirip Siam yang mudah dirawat dengan sisir mingguan untuk menghilangkan rambut mati dan mendistribusikan minyak kulit. Sikat gigi untuk mencegah penyakit periodontal. Kebersihan gigi harian adalah yang terbaik, tetapi menyikat gigi setiap minggu lebih baik daripada tidak sama sekali.

Sebaiknya buat orang Siam sebagai kucing dalam ruangan untuk melindunginya dari penyakit yang disebarkan oleh kucing lain, serangan anjing atau coyote, dan bahaya lain yang dihadapi kucing yang keluar rumah, seperti tertabrak mobil. Orang Siam yang pergi keluar rumah juga berisiko dicuri oleh seseorang yang ingin memiliki kucing cantik tanpa membayarnya.