Seiring dengan berkembangnya zaman maka kini mengurus STNK pun dapat diwakilkan dengan catatan orang yang berkepentingan membuat surat kuasa kepada orang yang dipercaya olehnya untuk mengurus perpanjangan STNK Anda.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan mengetahui cara membuat surat kuasa perpanjangan STNK yang dapat Anda persiapkan sebelum jatuh tempo.

Dengan demikian Anda tetap dapat menjalankan kewajiban memperpanjang STNK meskipun Anda tengah sibuk dengan pekerjaan atau sedang berhalangan untuk mengurusnya sendiri.

Cara Membuat Surat Kuasa Perpanjang STNK

Berikut ini merupakan beberapa cara untuk melakukan perpanjangan STNK menggunakan surat kuasa:

1. Macam – macam Pajak STNK

Sumber Gambar: dyla.gov.gh

Sebelum mengetahui tentang tata cara memperpanjang STNK maka Anda harus mengerti tentang jenis – jenis pajak STNK, yaitu pajak STNK tahunan dan pajak STNK 5 tahunan.

Pajak STNK tahunan adalah pengesahan yang disahkan oleh pihak kepolisian saat Anda membayar pajak.

Sedangkan pajak STNK 5 tahunan adalah proses mengganti kertas STNK pada kendaraan bermotor.

Pergantian ini dilakukan setiap 5 tahun sekali.

2. Syarat pengajuan perpanjangan STNK

Sumber Gambar: medmanagement.co.uk

Contoh surat kuasa terdiri atas berbagai macam jenis, salah satunya adalah surat kuasa untuk memperpanjang STNK.

Anda dianjurkan untuk mengetahui syarat – syarat yang dibutuhkan untuk memperpanjang STNK agar prosesnya lancar dan cepat selesai.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk melakukan perpanjangan STNK tahunan antara lain adalah STNK asli beserta fotokopinya, fotokopi BPKB, KTP asli beserta fotokopiannya sesuai dengan identitas yang tercantum pada STNK dan BPKB.

Apabila Anda akan melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan antara lain adalah melakukan cek kendaraan, STNK yang asli beserta fotokopiannya, fotokopi BPKB, KTP asli beserta fotokopiannya yang sesuai dengan identitas pada STNK dan BPKB.

Apabila Anda tidak memiliki banyak waktu atau sedang berhalangan maka Anda dianjurkan untuk membuat surat kuasa.

Anda dapat mengecek berbagai macam syarat untuk membuat berbagai macam surat kuasa dengan mengunjungi website https://celticstown.com/.

3. Biaya administrasi perpanjangan STNK

Sumber Gambar: independent.co.uk

Biaya administrasi perpanjangan STNK pada kendaraan roda 2 dan roda 4 berbeda.

Perpanjangan administrasi STNK roda dua adalah sebesar 100 ribu untuk administrasi memperpanjang STNK, ditambah lagi biaya plat motor 60 ribu, penerbitan BPKB sebesar 225 ribu dan untuk menerbitkan surat mutasi ke luar daerah sebesar 150 ribu.

Perpanjangan administrasi STNK roda empat adalah sebesar 200 ribu untuk administrasi memperpanjang STNK, ditambah lagi biaya plat motor 100 ribu, penerbitan BPKB sebesar 375 ribu dan untuk menerbitkan surat mutasi ke luar daerah sebesar 250 ribu.

4. Cara memperpanjang STNK

Sumber Gambar: youtube.com

Berikut ini adalah beberapa cara membuat surat kuasa perpanjangan STNK:

– Anda membawa surat kuasa yang berisi pernyataan pelimpahan wewenang untuk mewakilkan seseorang yang dipercaya untuk membantu memperpanjang STNK Anda.
– Surat kuasa diberikan kepada petugas di samsat.
– Surat kuasa dicantumkan materai 6000 dan terdapat tanda tangan dari pemberi dan penerima kuasa.
– Mencantumkan fotokopi KTP kedua belah pihak, yaitu pemberi kuasa dan penerima kuasa.
– Di dalam surat kuasa mengandung identitas lengkap dari kedua belah pihak, termasuk di dalamnya tempat dan tanggal pembuatan surat kuasa.

Bagi Anda yang tengah sibuk dengan pekerjaan sehari – hari maka kini Anda dapat mewakilkan untuk memperpanjang STNK Anda kepada orang yang Anda percaya dengan membuat surat kuasa.

Dengan demikian Anda tetap dapat menjalankan kewajiban tepat waktu sebelum batas waktu yang telah ditentukan.

Categories: Dibikin Asyik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *