Badan yang sehat ialah investasi yang tak ternilai harganya. Ketika keadaan tubuh fit, kita dapat mengerjakan aktivitas apa saja tanpa halangan; bekerja, sekolah, menggarap kerjaan rumah tangga, dan lain-lain.

Sebaliknya, ketika sakit, tubuh tidak dapat memerankan fungsinya dengan efektif. Jangankan menyelesaikan pekerjaan, istirahat saja terasa tak enak. Nah, demikianlah kenapa kita selalu dihimbau untuk menjaga kesehatan tubuh. Caranya dengan selalu menjalankan cara hidup sehat berikut.

1. Olahraga Rutin

Olahraga memberikan manfaat yang sangat berharga untuk kesetabilan fisik dan psikis kita. Aktifitas fisik yang rutin dapat membuat sirkulasi darah menjadi lebih mulus, sehingga bagian-bagian di dalam tubuh dapat beroprasi dengan baik dan maksimal.

Lagi pula, aktivitas yang satu ini juga terbukti bagus untuk mengurangi penat. Ketika berolahraga, tubuh akan menghasilkan lebih banyak hormon endorfin sehingga badan dan pikiran terasa lebih santai. Lakukan olahraga secara rutin, semalas-malasnya seminggu dua kali, misalnya lari-lari kecil atau senam.

2. Makan Makanan Sehat

Gaya hidup sehat selanjutnya yang tidak kalah penting dilaksanakan ialah memakan makanan dan minuman bergizi seimbang. Hindari terlalu sering mengonsumsi junk food, seperti makanan instan & minuman kemasan.

Sebaliknya, banyakin mengonsumsi makanan yang menyimpan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti sayuran, buah-buahan, ikan, yogurt, gandum utuh, dan semacamnya.

Jika ingin membeli makanan, upayakan memilah dan memilih dahulu usaha yang mengutamakan kesehatan. Kalau di Depok misalnya paket aqiah depok Bunayya. Itu selalu mengupayakan makanan yang halalan toyyiban.

3. Jangan Sering Begadang

Begadang atau terjaga sampai jauh malam adalah hal buruk yang semestinya mulai ditinggalkan saat ini juga. Selain membuat pola istirahat menjadi tak teratur, begadang dapat berujung pada terganggunya kesehatan fisik.

Hasil studi membuktikan bahwa sering begadang berpotensi menjadi sebab munculnya berbagai penyakit, seperti sakit jantung, angin duduk, sampai depresi.

4. Jauhi Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol merupakan penyebab utama berbagai masalah kesehatan, seperti masalah fungsi jantung, kerusakan paru-paru, kanker, sampai gangguan janin. Nah, bila ingin hidup sehat dan panjang umur, hindari rokok dan alkohol sekarang juga. Dengarkan kata kata dokter. Selain kesehatan sendiri, pikirkan juga kesehatan orang-orang sekitar yang terpaksa jadi perokok pasif akibat asap dari rokok Anda.

5. Banyak-banyak Bersyukur dan Optimis

Percaya nggak percaya, kebiasaan bersyukur dan berpikir positif mempunyai efek yang cukup baik untuk kesehatan tubuh, lho. Selain mengurangi depresi, berbagai studi membuktikan bahwa dua kebiasaan baik tersebut terbukti efektif untuk memperkuat sistem imun tubuh.

Ketika berkhusnuzon dan bersyukur, pikiran akan lebih longgar dan bahagia. Kebiasaan positif ini, bila dilanjutkan, akan membuat suasana psikis kita menjadi semakin baik dan sehat sehingga usia harapan hidup jadi lebih panjang.

6. Upayakan Tidur Berkualitas

Salah satu kunci agar tetap berumur panjang adalah memiliki pola tidur yang baik. Idealnya, durasi tidur terbaik adalah 7-8 jam dalam sehari, namun ini pun tak melulu bisa menjadi pedoman. Asal berkualitas, tidur 5 atau 6 jam dalam sehari pun dianggap cukup.

Gimana mendapatkan tidur yang berkualitas? Pastikan situasi kamar dibikin seenak dan sebersih mungkin. Matikan gadget, lampu, semua alat elektronik, dan segala sesuatu yang menimbulkan kebisingan, sehingga istirahat menjadi lebih pulas. Pun saat bangun, tubuh akan terasa lebih fresh.

Itulah beberapa cara hidup sehat yang musti dicoba kalau ingin selalu sehat. Selain keenam cara tersebut, jangan lupa juga banyak-banyak minum air putih, ya. Selamat hidup sehat wal afiat!