Dikenal sebagai sosok politisi yang cukup senior, H M Jusuf Kalla merupakan sosok lelaki yang sederhana dan menginspirasi. Beberapa biografi Jusuf Kalla telah banyak diulas dan dibahas dalam artikel di berbagai media massa. Untuk lebih mengenali beliau lebih dalam, mari simak uraian berikut ini.

Menjadi wakil presiden Republik Indonesia terpilih, Jusuf Kalla pernah mendampingi dua presiden yang berbeda. Pada masa kerja 2004 sampai 2009, beliau mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono dan pada tahun 2014 hingga kini, beliau mendampingi Joko WIdodo.

Kelahiran

Image Source: aa.com.tr

Jusuf Kalla tercatat lahir di Sulawesi selatan tepatnya di kota Bone pada tanggal 15 Mei 1942. Merupakan anak kedua dari 17 bersaudara, Jusuf Kalla memiliki ayah bernama Haji Kalla dan ibu bernama Athirah. Orang tuanya merupakan pengusaha keturunan bugis.

Keluarga

Dalam biografi Jusuf Kalla, disebutkan bahwa beliau menikah dengan Mufidah Miad Saad pada 27 agustus 1967. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai satu putra dan empat putri. Keluarganya berkembang hingga memiliki sembilan orang cucu hingga kini.

Pendidikan

Jusuf Kalla terkenal sebagai pria yang pintar dan cerdas. Beliau pernah bersekolah di SMA Negari 3 Makassar. Kemudian melanjutkan di fakultas ekonomi Universitas Hasanuddin pada tahun 1967 dan The European Institute Of Business Administration di Prancis pada tahun 1977.

Karir Pengusaha

Jusuf Kalla lahir dalam keluarga yang berada dan berkecukupan. Bisnis keluarga Kalla meliputi berbagai perusahaan yang bergerak di bidang perindustrian. Usaha yang dibangun oleh Ayah Jusuf Kalla diserahkan kepemimpinannya kepadanya setelah ia diwisuda pada tahun 1967.

Pada tahun 1968, Jusuf Kalla memimpin NV Hadji Kalla yaitu perusahaan yang bergerak di bidang logistik dan perdagangan. Selain itu, ia juga menjadi direktur utama PT Bumi Karsa dan PT Bukaka Teknik Utama. Dalam beberapa biografi Jusuf Kalla, beliau merupakan sosok CEO yang tegas.

Perusahaan yang dipimpin Jusuf Kalla pada awalnya bergerak di bidang ekspor impor, namun semakin hari semakin berkembang luas merambah ke bidang lainnya seperti perhotelan, konstruksi, perkapalan, real estate, penjualan kendaraan, kelapa sawit, peternakan udang dan telekomunikasi.

Karir Politik

Bakat berpolitik Jusuf Kalla telah terlihat sejak beliau berada di lingkungan mahasiswa. Beberapa organisasi kepemudaan yang diikutinya yaitu Pelajar Islam Indonesia (PII), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI)

Beliau juga pernah menjabat sebagai ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Universitas Hasanuddin pada periode 1965 – 1966. Dan juga menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri Daerah (Kadinda) Sulawesi Selatan.

Karir politiknya dimulai sejak Jusuf Kalla menjadi anggota DPRD Sulawesi Selatan dari Partai Golkar pada tahun 1965 – 1968. Kemudian meningkat menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat dari Fraksi Golkar pada tahun 1982 – 1999.

Jusuf Kalla memenangi pemilihan presiden periode 2004 sampi 2009 mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono. Kemudian, pada tahun 2014 hingga kini, beliau terpilih kembali menjadi wakil presiden mendampingi Joko WIdodo.

Jusuf Kalla merupakan wakil presiden pertama di Indonesia yang terpilih sebanyak dua kali namun secara tidak berturut-turut. Secara singkat dapat dikatakan bahwa beliau adalah wakil presiden dengan urutan nomor 10 dan nomor 12.

Demikianlah secara singkat biografi Jusuf Kalla, pria sederhana ini selain handal berpolitik juga merupakan pengusaha yang sukses dan berbakat. Pria ini juga dikenal sebagai suami, ayah dan kakek yang penyayang dalam keluarganya.

Categories: Suka-suka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *