Prof. Dr. H. Boediono B.Sc., M.Ec merupakan wakil presiden Indonesia kesebelas yang menjabat selama satu periode dari 20 Oktober 2009 hingga 19 Oktober 2014. Beliau terpilih dalam Pilpres tahun 2009 sebagai wakil dari Presiden Susilo Bambang Yodhoyono.

Banyak hal menarik yang dapat di ambil dari perjalanan biografi Boediono. Sebelumnya, Boediono pernah menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia, Kepala Bappenas, Direktur Bank Indonesia. Saat ini beliau juga mengajar sebagai guru besar di Fakultas Ekonmi Uversitas Gajah Mada.

Kelahiran Boediono

Boediono lahir di kota Blitar, provinsi Jawa Timur 76 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 25 Fubruari 1943. Ayah beliau bernama Ahmad Sastro Sarjono yang berprofesi sebagai penjual batit dan Ibunya bernama Sumilah.

Boediono menghabiskan masa kecilnya di kota kelahiranya, yaitu Blitar. Beliau berasal dari keluarga yang kurang mampu hingga ketika hendak berangkat sekolah, orangtuanya tidak mampu untuk membeli buku dan pensil.

Salah satu biografi Boediono yang dapat diambil hikmahnya adalah, meskipun berada dalam keadaan yang serba terbatas Boediono tidak pernah putus asa. Bahkan ketika masih kecil, beliau mempunyai suatu cita-cita yaitu menjadi seorang pembuat wayang kulit.

Pendidikan Boediono

Pria kelahiran Blitar 76 tahun lalu ini mengawali pendidikannya di SD Muhammadiyah, SMPN 1 Blitar, serta SMAN 1 Blitar. Setelah lulus dari SMA, Beliau melanjukan pendidikan di fakultas ekonomi Universitas Gajah Mada namun tidak terselesaikan.

Hal tersebut dikarenakan Boediono memilih beasiswa S1 di University of Western Australia. Lima tahun kemudian melanjutkan pendidikan S2 di Monash University, Australia. Kemudian pada tahun 1979, ia mengambil studi S3 di Wharton School University of Pennsylvania, Amerika Serikat.

Karir Politik Boediono

Boediono memulai karir politik di usia 66 tahun dengan menjadi wakil dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pilpres tahun 2009. Beliau menjabat sebagai wakil presiden Indonesia selama 5 tahun.

Hal yang menarik dari biografi Boediono ini adalah, Beliau merupakan satu-satunya wakil presiden pertama yang memiliki latar belakang ekonomi serta non-partisipan setelah wakil presiden pertama Indonesia yaitu Mohhamad Hatta.

Walaupun tidak mempunyai latar belakang politik, namun telah terbukti. Dengan menjadi wakil dari presiden Susilo Bambang Yodhoyono, mereka berhasil mengalahkan dua calon presiden dan wakil presiden lainnya. Karir kepemimpinan Boediono berlangsung selama 1 periode berakhir tahun 2014.

Keluarga Boediono

Boediono menikah pada tahun 1969 dengan seorang wanita bernama Herawati Boediono. Herawati merupakan anak keempat dari lima bersaudara. Ayahnya adalah seorang Kepala Pekerjaan Umum Kabupaten Blitar dan Ibunya adalah seorang guru menjahit di SMK Blitar.

Herawati juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Pusat. Pernikahan anatara Boediono dan Herawati tersebut dikaruniai oleh dua orang anak, yaitu Ratriana Ekarani dan Dios Kurniawan.

Penghargaan yang Diberikan Kepada Boediono

Hal terakhir serta menarik dari biografi Boediono yang perlu Anda ketahui adalah penghargaan yang diberikan kepadanya. Oleh karena itu, berikut beberapa gelar serta penghargaan yang dimiliki oleh Boediono.

  1. Bachelor of Economics (Hons) pada tahun 1967
  2. Gelar S3 (Ph. D) dalam bidang ekonomi tahun 1979
  3. Bintang Mahaputra Adiprada tahun 1999
  4. Distinguished International Alumnus Award di tahun 2007

Itulah beberapa hal menarik dari biografi Boediono yang mungkin belum diketahui oleh masyarakat. Dengan perjalanan karirnya yang awalnya lahir dari keluarga kurang mampu hingga dapat menjadi seorang calon presiden dengan banyak gelar, tentunya dapat menjadi kisah inspiratif bagi Anda.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *